Rabu, 18 Desember 2013

Bunga Sebagai Perwujudan Komunikasi Ekspresif

I.                    Hubungan Bunga dengan Komunikasi Ekspresif
Komunikasi Ekspresif adalah menyampaikan atau mengungkapakan perasaan atau emosi melalui pesan – pesan non verbal. Jadi bagaimana seseorang mengungkapkan perasaannya melalui simbol-simbol yang mewakili setiap perasaanya.
Secara biologis bunga adalah bagian dari tumbuhan dimana bunga menghasilkan benih untuk membentuk tumbuhan baru. Bentuk bunga sendiri berbagai macam, ada bunga yang memiliki banyak mahkota, ada yang hanya memiliki sedikit mahkota. Bunga pun bisa menjadi alat komunikasi ekspresif, bahasa bunga atau disebut juga floriography. Berkomunikasi dengan berbagai jenis bunga untuk mengungkapkan perasaan atau menyampaikan pesan secara rahasia. Floriografi dikenal sejak jaman Victoria yang berarti komunikasi dengan menggunakan bunga dan karangan bunga untuk mengirim pesan khusus, di mana seseorang dapat menyampaikan pesan terdalamnya yang tidak dapat diungkapkan.
Setelah mengalami berbagai perkembangan, makna bunga banyak yang telah hilang dan sedikit mengalami perubahan makna dalam penyampaiannya, seperti pada jaman Victoria. Tetapi bunga masih memiliki makna tersendiri yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Di masa pemerintahan Ratu Victoria, bunga dijadikan sebuah makna baru ketika harumnya dianggap menyampaikan sebuah pesan. Ketika percakapan belum sebebas sekarang, bunga berani mengatakan dengan tegas apa yang tidak bisa dikatakan oleh mulut, dan yang mengejutkan adalah maknanya yang tidak selalu positif. Jadi jangan sembarangan dalam memberikan bunga kepada seseorang.
Ketika seseorang memberikan hadiah atau akan mengungkapakan persaaan, banayak macam bunga yang beragam dan sangat menarik. Biasanya kita memilih bunga yang menurut kita paling indah tanpa tau apa arti dari bunga yang diberikan. Ada peribahasa “say it with flower” yang berarti bunga digunakan sebagai salah satu bentuk komunikasi yang disebut dengan komunikasi ekspresif. Selama abad ke 18 yaitu jaman Ratu Victoria, menggunakan bunga adalah alat komunikasi yang sangat sopan. Mengirimkan pesan bunga berdasarkan bahasa rahasia Turki sangat populer. Bahasa rahasia ini dikenal dengan nama'Persian Salaam’, yang merupakan sebuah karangan bunga berkode untuk mengungkapkan perasaan cinta atau rasa tertarik. Bangsa  victoria pun menjadi sangat memahami bahasa bunga, sehingga mereka memilih dan menata karangan bunga mereka dengan hati-hati. setiap bunga akan diterjemahkan sebagai bahasa cinta dan penghargaan, tapi perbedaan warna bunga dari pengaturan berbeda memungkinkan memberi arti berbeda pula. Walaupun dianggap sebagai simbol kecantikan dan perasaan, di masa Victoria, bunga digunakan untuk menunjukkan kemarahan dan hinaan yang sangat kasar bila diartikan secara literal. Tak diragukan lagi tanaman yang dimaksudkan digunakan orang-orang di zaman tersebut untuk merendahkan lawannya. Cara yang lebih sopan untuk menunjukkan ketidaksukaan adalah dengan memberikan bunga candytufts, tapi cara yang lebih langsung dapat dengan menggunakan bawang yang tidak hanya membuat orang yang menerima bau tak sedap, tapi juga menunjukkan bahwa mereka adalah iblis atau penyakit yang harus diusir. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, beberapa kamus mempunyai makna yang saling berlawanan, begitu juga dengan Hydrangea yang dapat diartikan “tak berperasaan” atau “hati yang dingin”, tapi juga dapat diartikan sebagai rasa terima kasih atas menerima maaf. Dalam kasus tertentu, mungkin seseorang bermaksud ingin menertawakan lawan yang sedang mendekati lawan jenisnya, bunga Amaranthus akan sangat membantu untuk menusuk lawan. Tentu saja, hinaan yang menggunakan jasa bunga sangat bermakna ironi: simpati sekaligus ejekan terhadap seseorang dapat disampaikan lewat bunga yang berwarna putih yang secara normal dipakai sebagai pengobat hati. Cara ini dapat digunakan untuk menyulap tanaman yang indah menjadi senjata untuk menghina.

Mungkin beberapa orang tidak menyukai bunga. Tapi seorang teman pasti akan sangat senang menerima karangan bunga. Tak peduli bunga tersebut bermakna positif atau negatif, bunga mahal atau bahkan bunga dari rawa-rawa sekalipun, dia tetap akan menerimanya dengan senang hati. Bunga Edelweiss dapat diberikan untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan seorang teman, atau untuk menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai kebaikan teman Anda.Sedangkan seseorang yang sedang berjuang dalam menghadapi sesuatu dapat Anda berikan serangkai campuran bunga Eremus dan Euphorbia yang tahan lama dan sangat berkesan. Cinta tanpa syarat dapat ditunjukkan dengan bunga Woodbine yang merupakan pilihan bijak. Pilihan yang lebih menyenangkan untuk menunjukkan indahnya pengalaman di masa lalu adalah bunga Periwinkle yang dapat ditambah dengan bunga Myrtle untuk menambah kesan yang lebih mendalam.

Dibalik makna bahasa bunga, beberapa tanaman digunakan sebagai simbol khusus. Dalam budaya Cina, bunga Azalea adalah simbol kewanitaan, sementara anggrek bermakna erat dengan anak-anak. Banyak negara yang menggunakan bunga untuk mewakili bangsa mereka; salah satu yang terkenal adalah Tulip yang melambangkan negara Belanda. Salah satu bunga yang belum terlalu dikenal adalah bunga nasional Hawaii, Hibiscus. Secara kebetulan, lambang kekuatan dan keberanian dari tanaman Borage dijadikan emblem perjuangan Cancer Research UK untuk melawan penyakit yang mematikan tersebut karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit; sebuah kebetulan yang sangat beruntung. Makna yang paling aneh diberikan kepada bunga mawar hijau; bukan karena dapat digunakan dalam berbagai situasi, tapi karena makna khususnya yang berarti bahwa sang pengirim adalah orang dari planet Mars.

II.                  Makna Jenis dan Warna Bunga
Banyak Orang beranggapan saat akan memberikan bunga kepada seseorang, jenis bunga apapun sama saja. Tetapi setiap jenis bunga memiliki arti tersendiri, bahkan saat bunga itu memiliki warna yang berbeda, maka akan menimbulkan arti yang berbeda pula. Misalnya bunga mawar yang melambangkan kasih sayang, dan bunga kamboja sebagai bunga kuburan. Berikut arti setiap jenis dan bunga secara umum yang digunakan dalam berkomunikasi ekspresif :
1.      Mawar
Seorang penyair Romawi menggelarkan bunga mawar sebagai Ratu segala jenis bunga, karena mawar dianggap sebagai lambang kesucian dan keimanan. Shakespeare seorang pujangga Inggris memuja bunga mawar yang dianggap melambangkan keperkasaan. Kuntuman mawar dengan daun dan tangkai batangnya yang berduri melambangkan kegagahan yang menyatu dengan keindahan dan keharuman. Bunga Mawar suatu perlambangan maskulin yang sangat menggairahkan setiap jiwa feminisme. Mayoritas orang, selama ini, telah salah meletakkan perlambangan suatu bunga mawar pada tempat yang seharusnya bunga itu memperlambangkannya. Bunga Mawar telah diperlambangkan sebagai bentuk perlambangan seorang wanita. Padahal sesungguhnya Bunga Mawar itu telah menduduki perlambangan bentuk maskulin atau bentuk kelakian. Mengapa bunga Mawar adalah perlambangan maskulinisme. Karena dilihat dari sudut penggunaannya, bunga Mawar sangat disukai oleh para wanita. Segala sesuatu yang disukai oleh wanita, hakikatnya bersifat maskulin. Keanekaragaman warna bunga mawar seringkali mengungkapkan banyak arti. Agar tak terjadi salah pengertian, berikut arti setiap warna dari bunga mawar :
·         Mawar Merah (Red Rose)
Biasanya digunakan untuk menyatakan perasaan cinta kepada pasangan atau kekasih pujaan. Mawar merah tak hanya berbicara tentang gelora asmara tapi juga menyimbolkan penghargaan dan keberanian.
·         Mawar Merah Muda ( Pink Rose)
Umumnya bunga mawar merah muda menggambarkan kebahagiaan. Namun mawar ini ternyata memiliki turunan warna. Jika terlihat lebih tua digunakan untuk menyatakan terima kasih, sementara jika warnanya cenderung muda untuk mengungkapkan perasaan kagum dan simpati kepada seseorang.
·         Mawar Peach (Peach Rose)
Warnanya bunga mawar ini mirip sekali dengan buah pich dan sangat cantik sekali dan memncarkan kehangatan tersendiri. Bunga mawar ini dapat digunakan untuk menyatakan rasa pertemanan dan persaudaraan, kekaguman, serta penghargaan kepada orang lain.
·         Kuning (Yellow Rose)
Menurut simbol Victorian, warna kuning menggambarkan cinta platonik dan konon katanya di beberapa negara bisa menjadi lambang kecemburuan.
·         Mawar Putih (White Rose)
Mawar putih memilki beberapa arti khusus. Seperti kesucian, kerendahan hati, penghormatan, serta penghormatan. Mawar putih merupakan warna yg paling netral di berbagai situasi dan kondisi.
·         Mawar Oranye (Orange Rose)
Warna ini melambangkan antusiasme dan semangat. Disampingitu mawar ini juga dapat digunakan untuk memberitahukan orang lain bahwa anda ingin mengenal orang tersebut secara lebih mendalam.
·         Ungu
Melambangkan  keunikan , cinta pada pandangan pertama.
·         Mawar hitam
Menyatakan seseorang obsesinya. Atau dapat juga digunakan dalam lambang kematian.
            Mawar dianggap sebagai lambang keremajaan, cinta, kasih dan keindahan. Mawar juga digalakkan ditanam di halaman rumah kerana ia dipercayai dapat membawa rezeki kepada pemilik.
Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite. Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris dan digunakan sebagai lambang tim nasional rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris. Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga negara bagian Iowa, North Dakota, Georgia, dan New York. Kota Portland di negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sering disebut “Kota Bunga mawar.” Bunga mawar merupakan simbol anti-kekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar di tahun 2003. Bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redout? terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti. Mawar yang paling banyak ditanam adalah mawar teh (tea rose) dari spesies Rosa indica fragran hybrids, famili Rosaceae.
2.      Tulip
Tulip berarti cinta sejati. Elegan dan keanggunan yang dipancarkan pasti akan mewarnai karangan bunga. Tulip dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu bunga ternakan yang paling terkenal, dan selalu dikaitkan dengan Belanda. Di Belanda begitu terkenalnya bunga tulip sehingga dijuluki dengan sebutan ”Tulipomania” karena perkembangannya yang pesat. Setiap tahunnya mengirimkan bunga tulip untuk ditanam di kota Ottawa sebagai ucapan terima kasih kepada Kanada yang membebaskan Belanda dari Nazi Jerman dan sewaktu zaman pendudukan bermurah hati menyediakan tempat bermukim Ratu Juliana yang pada waktu itu masih puteri mahkota.
Jenis-jenis tulip yang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai motif garis-garis, coretan kuas, atau jilatan api atau mempunyai warna lain pada bagian-bagian tertentu daun bunga, sedangkan jenis-jenis yang lebih baru mempunyai pola aneka warna pada daun bunga. Bunga Tulip, sebagai lambang cinta dan kasih sayang dan Cinta yang sempurna. Bunga Tulip dapat memberi tahu isi hati seseorang yaitu 'Aku mencintai mu selamanya' (Cinta yang Sempurna).
·         Merah      : percayalah padaku , atau menyatakan deklarasi cinta.
·         Kuning      : cinta yang tidak ada harapan atau cinta bertepuk sebelah tangan
·         Putih         : Permohonan maaf
·         Pink           : Peduli
·         Ungu         : Kebangsawanan
·         Orange     : Energi (semangat), hasrat dan gairah
·         Dua warna : mata yang indah.
3.      Anyelir (Carnation)
Secara umum, anyelir adalah simbol dari cimta dn kekaguman. Dan berikut pesan yang terkandung dalam warna bunga anyelir :
·         Pink                 : Aku tidak akan melupakanmu
·         Merah            : Aku menginginkanmu, rasa kagum
·         Warna Solid : Ya
·         Bergaris          : Tidak, Penolakan
·         Kuning         : Penolakan, Kamu mengecewakanku
·           Putih            : Cinta Sejati, Semoga sukses (bila diberikan pada wanita), manis dan cantik.
Bunga ini  sering menyimbolkan dan dihadiahkan kepada orang tua kita, khususnya ibu.
4.       Krisan
Dengan bunga yang Indah dan besar, warna – warna indah adn cerah, Krisan adalah satu dari sekian bunga yang menjadi pilihan untuk menunjukan rasa ceria. Tapi arti tradisional dari bunga ini adalah kecantikan dan kemurnian. Krisan dilambangkan juga sebagai tanda persahabatan.
·         Merah         : Cinta
·         Putih            : Kejujuran atau kebenaran, setia
·         Kuning         : Cinta yang bertepuk sebelah tangan
·         Ungu            : Keinginan untuk sehat
5.       Iris
Bunga Iris sebagai simbol kepercayaan, harapan dan kebijaksanaan. Iris juga dapat digunakan dalam berbagai acara. Iris dalam bahasa Yunani artinya pelangi, bunga ini telah dianggap memiliki berbagai arti diantaranya kesetiaan, kebijaksanaan, kesejahteraan, persahabatan dan harapan. Karena Valentine’s day jatuh pada bulan Februari maka dari itu bulan kedua tersebut dianggap sebagai bulan asmara dan bunga iris dianggap sebagian orang sebagai bunga yang cocok untuk mewakilinya. Bunga iris juga sering digunakan sebagai bunga perhiasan dan sebagai bunga yang cocok untuk diberikan pada hari jadi atau hari ulang tahun pernikahan yang ke 25.
6.      Anggrek
Dengan penampilan eksotis, anggrek melambangkan kecantikan yang halus dan langka. Mereka yang ingin memberikan kesan yang unik dan lama dalam ingatan mengatakan bahwa anggrek adalah pilihan utama. Bunga Anggrek melambangkan Kecantikan, Gadis cantik, di cina dikenal sebagai simbol banyak anak.
·        Pink : kasih sayang murni
·        Kuning : keanggunan
·        Hitam : kekuasaan dan otoritas mutlak
·        Putih : keindahan, kelembutan, kemurnian, kepolosan, kebaikan
·        Merah : semangat, daya energi, kekuatan cinta
·         Lavender : memprovokasi percintaan dan keanggunan
·         Ungu : membangkitkan misteri dan ketidakpastian
·         Biru : bermakna dalam, kekuatan dan stabilitas
7.       Lily
Bunga Lily, sering digunakan pada upacara pemakaman, dan sebagai lambang kebangkitan hidup. Bunga Lily diasosiasikan sebagai lambang bintang, matahari, dan bunga yang mekar. Arti warna bunga lily :
·         Putih                     : Pengabdian, Persahabatan, Simpati, Mulia, Suci
·         Merah Muda        : Kekayaan dan kemakmuran.
·         Orange                 : Kebencian, penghinaan, kesombongan.
·         Kuning                  : Kebohongan, kepalsuan, keriangan.
8.       Matahari
Dengan mahkota kuning cerah menyebar dari pusatnya, bunga matahari tidak hanya menyerupai matahari, mereka juga akan selalu mengarahkan wajahnya ke matahari. Arti bunga ini adalah kehangatan dan kekaguman,lambang keriangan, kegembiraan, kebahagiaan, juga dianggap sebagai tanda umur panjang.

III.                Makna Rangkaian Bunga dan jumlahnya
Kebanyakan orang masih menganggap bunga adalah salah satu aspek yang paling berarti dari upacara pemakaman – setelah- pidato dari keluarga maupun sahabat dekat. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa keluarga duka menganggap bunga dukacita dan kartu ucapan simpati adalah hadiah yang paling berarti. Hasil yang sama kemungkinan juga akan ditemukan jika penelitian dapat diperluas melintasi batas-batas kronologis dan budaya. Indah namun lembut, bunga telah lama merepresentasikan siklus hidup dan mati. Sebagaimana mereka juga melambangkan harapan, bunga berfungsi untuk memberi semangat pada orang yang sedang berduka. Kelopak indah lembut mereka mengingatkan mereka yang menderita kerugian bahwa kehidupan mereka akan terus berlanjut dan bahwa mereka harus bisa bertahan dari kerapuhan emosional mereka saat itu. Rangkaian Standing flower akan mencerahkan setiap rumah atau upacara pemakaman, dan membantu mengurangi kekakuan sosial dari upacara tersebut. Bunga memberikan hiburan yang indah dan menjadi topik percakapan yang baik pada saat tersebut dan mungkin juga memberikan pengaruh positif lainnya. Bunga membantu keluarga yang berduka merasa nyaman, dan memfasilitasi perubahan untuk segera kembali ke kehidupan sehari-hari. Sebagai simbol harapan, kebahagiaan, dan kesedihan, bunga merupakan media komunikasi yang ideal untuk saat-saat tertentu ketika Anda tidak dapat mengungkapkan perasaan Anda ke dalam kata-kata. Untuk semua alasan ini, bunga adalah cara yang baik untuk menunjukkan dukungan dan simpati. Makna lain rangkaian bunga selain dari warna adalah sebagai berikut :
·         Lokasi
Pertimbangkan mengirimkan vas bunga artificial ke rumah atau kantor. Hal ini akan menghilangkan pekerjaan tambahan untuk yang ditinggalkan, yang pasti memiliki banyak tugas lainnya untuk diselesaikan. Selain itu, bunga plastik dapat bertahan selama bertahun-tahun, bertindak sebagai monumen hidup untuk almarhum.
·         Agama
Umat Kristen biasanya menghargai bunga papan duka pada upacara pemakaman maupun pada kediaman keluarga dan rumah duka. Kristen Ortodoks Timur juga memperlihatkan tubuh almarhum selama tiga hari sebelum pemakamannya.
Pemakaman Muslim dilakukan tak lama setelah kematian. Bunga dianggap tidak sesuai.
·         Warna
Warna adalah cara lain untuk berkomunikasi melalui bunga. Lili dan mawar putih yang melambangkan perdamaian merupakan bunga yang sering dipilih untuk rangkaian bunga duka cita untuk mereka yang berduka. Mawar kuning menunjukkan persahabatan, sukacita, dan penuh perhatian. Keanggunan, feminitas, dan anugerah adalah pesan dari mawar merah muda. Selain dari makna tradisionalnya, mungkin dapat mengirim pesan tentang kehidupan almarhum dengan pilihan warna bunga. Misalnya, keluarga seorang imigran Italia akan menghargai rangkaian bunga berwarna-warni bendera Italia. Keluarga duka akan menghargai pemikiran tambahan dan imajinasi masukkan untuk memilih rangkaian yang tepat.
Dalam jumlah rangkaiannya, bunga memiliki arti dari setiap jumlahnya. Misalnya bunga mawar yang akan berbeda makna ketika jumlahnya berbeda. Secara umum berikut arti jumlah bunga :
·         Satu bunga berarti memikirkan
·         Tiga bunga berarti menghormati
·         Lima bunga berarti tertarik
·         Tujuh bunga berarti mencintai
Tetapi khusus bunga mawar yang dijadikan simbol cinta kasih, jumlah bunga mawar memiliki arti tersendiri. Antara lain :
·         1 tangkai : cintaku hanya untukmu seorang
·         2 tangkai : kau dan aku saling mencintai
·         3 tangkai : aku cinta kamu
·         6 tangkai : jadikan aku milikmu
·         9 tangkai : saling mencintai selamanya
·         11 tangkai : kaulah yang paling aku cintai sepanjang hidupku
·         12 tangkai : perpaduan dua hati yang serasi
·         13 tangkai : pengagum rahasia
·         24 tangkai : setiap saat ingat dirimu ( tidak bisa melupakanmu 24 jam )
·         33 tangkai : aku mencintaimu dari dasar hati yang terdalam
·         36 tangkai : kehadiran membuat aku terpikat asmara
·         44 tangkai : janji yang takkan tergoyahkan
·         50 tangkai : ini adalah cinta yang tidak kusesali
·         56 tangkai : cintaku
·         66 tangkai : jalinan cinta yang mulus
·         99 tangkai : cinta dengan pengertian membuatnya abadi
·         100 tangkai : jadilah pasangan yang mengasihi sampai lanjut usia.
·         101 tangkai : tiada lain cintaku hanya dirimu seorang
·         108 tangkai : jadikan aku pasangan hidupmu
·         111 tangkai : cinta abadi
·         123 tangkai : cinta yang bebas
·         144 tangkai : mencintaimu pagi hingga malam selama lamanya
·         365 tangkai : memikirkanmu setiap hari. mencintaimu setiap hari
·         999 tangkai : cinta yang bertahan selamanya dan abadi
·         1001 tangkai : cinta selamanya.

Jadi, memberikan bunga tidak hanya sebagai hadiah tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai perwujudan komunikasi ekspresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar